Partial Lunas Eclipse

The second lunar eclipse of the year is a rather small partial eclipse. The penumbral phase begins on September 7th 2006 at 23:42 BBWI. It’s a great time for the observer to see the eclipse.  A timetable for the major phases of the eclipse is as follows:

Penumbral Eclipse Begins: 16:42:23 UT or 23:42:23 BBWI
Partial Eclipse Begins: 18:05:03 UT or 01:05:03 BBWI
Greatest Eclipse: 18:51:21 UT or  01:51:21 BBWI
Partial Eclipse Ends: 19:37:41 UT or 02:37:41 BBWI
Penumbral Eclipse Ends: 21:00:20 UT or 04:00:20 BBWI

In spite of the fact that the eclipse is shallow (the Moon’s northern limb dips just 6.3 arc-minutes into Earth’s dark umbral shadow), the partial phase lasts over 1 1/2 hours. This is due to the grazing geometry of the Moon and umbra.

At the instant of greatest eclipse (01:51 BBWI), the Moon will stand near the zenith for observers in the central Indian Ocean. At that time, the umbral eclipse magnitude will be 0.190. The event is best seen from Africa, Asia, Australia and Eastern Europe. Unfortunately, none of the eclipse is visible from North America. The Moon’s path through Earth’s shadows as well as a map illustrating worldwide visibility is shown in this link.

IAU Resolutions, Pluto is not a planet anymore

The first half of the Closing Ceremony of the 2006 International Astronomical Union (IAU) General Assembly has just concluded. The results of the Resolution votes are outlined here.

It is official: The 26th General Assembly for the International Astronomical Union was an astounding success! More than 2500 astronomers participated in six Symposia, 17 Joint Discussions, seven Special Sessions and four Special Sessions. New science results were vigorously discussed, new international collaborations were initiated, plans for future facilities put forward and much more.

In addition to all the exciting astronomy discussed at the General Assembly, six IAU Resolutions were also passed at the Closing Ceremony of the General Assembly:

Resolution 1 for GA-XXVI : “Precession Theory and Definition of the Ecliptic”
Resolution 2 for GA-XXVI: “Supplement to the IAU 2000 Resolutions on reference systems”
Resolution 3 for GA-XXVI: “Re-definition of Barycentric Dynamical Time, TDB”
Resolution 4 for GA-XXVI: “Endorsement of the Washington Charter for Communicating Astronomy with the Public”
Resolution 5A: “Definition of ‘planet’ ”
Resolution 6A: “Definition of Pluto-class objects”

The IAU members gathered at the 2006 General Assembly agreed that a “planet” is defined as a celestial body that (a) is in orbit around the Sun, (b) has sufficient mass for its self-gravity to overcome rigid body forces so that it assumes a hydrostatic equilibrium (nearly round) shape, and (c) has cleared the neighbourhood around its orbit.

This means that the Solar System consists of eight “planets” Mercury, Venus, Earth, Mars, Jupiter, Saturn, Uranus and Neptune. A new distinct class of objects called “dwarf planets” was also decided. It was agreed that “planets” and “dwarf planets” are two distinct classes of objects. The first members of the “dwarf planet” category are Ceres, Pluto and 2003 UB313 (temporary name). More “dwarf planets” are expected to be announced by the IAU in the coming months and years. Currently a dozen candidate “dwarf planets” are listed on IAU’s “dwarf planet” watchlist, which keeps changing as new objects are found and the physics of the existing candidates becomes better known.

The “dwarf planet” Pluto is recognised as an important proto-type of a new class of trans-Neptunian objects. The IAU will set up a process to name these objects.

RESOLUTIONS
Resolution 5A is the principal definition for the IAU usage of “planet” and related terms.

Resolution 6A creates for IAU usage a new class of objects, for which Pluto is the prototype. The IAU will set up a process to name these objects.

IAU Resolution: Definition of a Planet in the Solar System
Contemporary observations are changing our understanding of planetary systems, and it is important that our nomenclature for objects reflect our current understanding. This applies, in particular, to the designation ‘planets’. The word ‘planet’ originally described ‘wanderers’ that were known only as moving lights in the sky. Recent discoveries lead us to create a new definition, which we can make using currently available scientific information.

RESOLUTION 5A
The IAU therefore resolves that “planets” and other bodies in our Solar System be defined into three distinct categories in the following way:

(1) A “planet”1 is a celestial body that (a) is in orbit around the Sun, (b) has sufficient mass for its self-gravity to overcome rigid body forces so that it assumes a hydrostatic equilibrium (nearly round) shape, and (c) has cleared the neighbourhood around its orbit.

(2) A “dwarf planet” is a celestial body that (a) is in orbit around the Sun, (b) has sufficient mass for its self-gravity to overcome rigid body forces so that it assumes a hydrostatic equilibrium (nearly round) shape2 , (c) has not cleared the neighbourhood around its orbit, and (d) is not a satellite.

(3) All other objects3 except satellites orbiting the Sun shall be referred to collectively as “Small Solar-System Bodies”.

——————————————————————————–
1The eight planets are: Mercury, Venus, Earth, Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, and Neptune.
2An IAU process will be established to assign borderline objects into either dwarf planet and other categories.
3These currently include most of the Solar System asteroids, most Trans-Neptunian Objects (TNOs), comets, and other small bodies
——————————————————————————–

IAU Resolution: Pluto

RESOLUTION 6A
The IAU further resolves:

Pluto is a “dwarf planet” by the above definition and is recognized as the prototype of a new category of trans-Neptunian objects.1

Dabbler 2, My First Painter CD

Sebenernya hari ini gue ada kerjaan desain yang harus beres, tapi karena ga nemu-nemu gambar resolusi tinggi yang bisa dipake akhirnya gue putusin untuk make gambar-gambar dari CD desain yang gue punya. berhubung tuh beberapa CD dah lama banget ga disentuh gue kudu bongkar-bongkar lemari deh…. ehh pas milah-milah diantara tumpukan CD, gue nemu sebuah CD yang udah usang tapi tetep terlihat baru. Semacam program buat ngelukis di komputer.. namanya Dabbler 2 yang diproduksi oleh Fractal Design.

Lantas apa uniknya? khan sama aja kayak produk adobe or corel (adobe freehand, corel painter, corel paintshop) … well yang unik adalah Dabbler ini merupakan program yang dikeluarkan tahun 1995 dan yang kemudian menjadi generasi awal produk milik corel… jadul banget khann??? requirementnya ajah bener-bener sederhana… tapi dijamannya nih requirement bikin kelimpungan juga buat bisa memenuhi komputer dengan spec yang diminta.

Dabbler 2 System Requirement :
Windows / Windows 95 Native :
486DX or faster with 8 MB of memory (some effects require FPU)
windows 3.1 or windows 95
Hard Disk
CD-ROM Drive
Color Display

Macintosh/Power Macintosh :
All mac models with a 68030 processor or better with 8 MB memory
System 7.0 or greater
Hard Disk
Cd-Rom Drive
Color Display

Karena penasaran, gue coba nginstal Dabbler di kompie gue… ternyata masih bisa dirun in my XP.. walau sayangnya justru bikin crash ma soundcard gue. Yang justru bikin gue terpukau-pukau.. CD Dabbler ini my first original CD program.. bangga ga sih???  hehehe. Dulu pertama kali gue dapet kiriman Dabbler ini gue bahagia karena ini hadiah dari seorg teman yang juga seorg pelukis dan guru yang gue kenal via internet. Saat itu gue dikasih juga lukisan-lukisannya sayangnya ga bisa gue tunjukkin disini karena lukisan-lukisan itu kayanya udah terhapus dari HD kompie lama gue di ambon…. gue dikirimnya thn 96.. that’s mean 10 years ago.. hehehehe.. 1 dekade… jaman gue masih pake seragam putih abu2 dan saat itu internet baru masuk di ambon.

ok.. back to Dabbler.. apa sih yg unik dari Dabbler? Hal pertama yang menarik perhatian, dalam CD Dabbler tersebut terdapat 2 installer untuk Mac dan untuk Windows. Dengan Dabbler kita bisa membuat lukisan senatural mungkin seperti kita melukis diatas kanvas… dan didekasikan untuk home user. Dabbler bekerja pada tampilan warna 16 bit, dan jika ia membuka gambar dnegan tampilan warna 24bit, maka ia akan mereduksinya menjadi 16 bit. Yang menarik, saat kita selesai mengerjakan sesuatu ia bisa mengingat langkah trakhir kerja kita, dan saat kita membuka dabbler kembali kita akan berada pada environment kerja terakhir kita. Similiar with corel ?? Dabbler sendiri ketika gue terima, didalam bundelnya selain CD program terdapat juga buku penuntun bagaimana melukis di komputer.  Lantas dimanakah Dabbler sekarang ?

Gue coba mencari di internet, dan ternyata website fractal (www.fractal.com) yang tercantum di CD sudah tidak ada lagi… dan setelah bergoogling ria akhirnya gue baca di wikipedia, rupanya Dabbler inilah yang kemudian menjadi cikal bakal corel painter.

Painter pada awalnya dibuat untuk Macintosh oleh Mark Zimmer danTom Hedges, founder dari Fractal Design Corporation. Sebelumnya, Zimmer & Hedges telah membuat ImageStudio and ColorStudio, aplikasi editing gambar untuk Letraset. John Derry bergabung dengan Zimmer & Hedges saat rilis ulang  Painter 1.2. Derry telah memiliki pengalaman bekerja dalam software painter di Time Arts, -developer awal untuk aplikasi lukisan berbasis desktop-, Lumena dan Oasis. Fractal Design kemudian melakukan merger dengan RayDream, dan merger lagi dengan MetaTools menjadi MetaCreations.

MetaCreations kemudian menjadi pembuat ViewPoints dari ViewPoints Media Player yang saat ini dibundel bersama adware packages. Sementara itu, Painter mengalami pelabelan ulang sebagai Procreate, disepanjang masa transisi menjadi aplikasi Corel Suite yang kemudian dimiliki dan dipasarkan oleh Corel Coorporation. Tahun 2005, Corel merilis Painter Essentials, yang merupakan generasi ketiga dari Dabbler milik Fractal Design. Dan di tahun 2006, Painter sekarang ini memasuki versi Painter IX.5.

Jelang Kemerdekaan Bersama Hujan Meteor Perseids

Daripada penasaran ama isu Mars mo mendekat yang juga cuma hoax… gimana kalo memuaskan rasa penasaran kita untuk melihat Mars dengan melihat bintang jatuh alias meteor? Bulan ini eh tepatnya sejak bulan lalu, kita bisa melihat lintasan bintang jatuh di rasi perseus. Fenomena hujan meteor perseids ini sudah dimulai semenjak tgl 17 Juli – 24 Agustus, dan puncak hujan meteornya akan berlangsung tanggal 12/13 Agustus. Dikenal dengan nama hujan meteor perseids, karena meteor-meteor yang melintas di langit akan terlihat muncul dari rasi perseus.

So… teman-teman yang berminat untuk menikmati indahnya hujan meteor perseids, tgl 13 agustus nanti bisa ikut mengamatinya mulai tengah malam sampai minggu dini hari. Perseids sendiri baru akan terbit sekitar jam 12 tengah malam dari arah timur laut.  Dalam sejam bisa terlihat sekitar 100 meteor saat hujan meteor perseids mencapai puncaknya. Kecepatan meteor saat masuk atmosfer bumi mencapai 59 km/det. Oya,  bisa aja saat menikmati hujan meteor tersebut pengamat melihat fireball, tapi ini bergantung pada keberuntungan anda…

moon18.gifPada saat puncak hujan meteor perseids, bulan juga masih sangat terang karena baru melewati purnama yang terjadi tanggal 9 agustus. Terangnya bulan bisa agak mengganggu terutama untuk lintasan meteor yang redup.

Btw, hujan meteor ini bukan fenomena sekali seumur hidup kok.. setiap tahun hujan meteor akan terjadi. so kalo tahun ini hujan meteor perseids terjadi juli –  agustus, tahun depan pada rentang waktu tersebut hujan meteor perseids akan terlihat kembali. Selain itu setiap malam pun kita bisa melihat lintasan-lintasan meteor…

Buat temen-temen yang pengen ngamat.. kudu persiapan.. pake jaket, selimut, bawa cemilan, pasang mp3 player hehehehe biar nyaman deh.. jangan lupa bawa senter buat ngeliat peta langit.

 

ok deh… selamat mengamati hujan meteor…

 

selamat untuk PSM ITB

Paduan Suara ITB berhasil mendapatkan 1 medali emas dan 1 medali perak lagi dalam 2 kategori yang dipertandingkan pada minggu ke-2 World Choir Games. Total PS ITB berhasil memperoleh 2 medali emas dan 2 medali perak untuk 4 kategori yang diikuti. Continue reading

MARS HOAX

seminggu lalu pas log in ke YM, pas dah OL.. tiba2 sederet pesan offline bermunculan. isinya sama semua.

Planet Mars akan menjadi bintang yang paling terang mulai Agustus. Besarnya akan terlihat sebesar bulan purnama. Puncak terangnya planet ini adalah tanggal 27 Agustus ketika Mars mendekat dengan jarak sekitar 34.65M mil dari bumi. Pastikan anda memandang ke langit pada 27 Agustus jam 12:30pagi (Sabtu setelah tengah malam). Akan terlihat seolah bumi memiliki 2 bulan.Saat berikutnya Mars akan begitu dekat dengan bumi pada tahun 2287. Sebarkan kabar ini kepada kawan-kawan anda karena TAK ADA SEORANGPUN DARI YANG HIDUP SAAT INI akan menyaksikannya lagi.

Bombastis banget khan beritanya? ga tau deh siapa yg hobi buat ngirimin hoax beginian sejak thn 2003. akhirnya banyak org berbondong2 dateng ke observatorium bosscha n planetarium Jakarta untuk melihat seperti apa sih penampakan Mars yang katanya sebesar bulan purnama itu. Apalagi diembel2in TAK ADA SEORANGPUN DARI YANG HIDUP SAAT INI akan menyaksikannya lagi.. wuahh tambah penasaran deh orang2. event sekali seumur hidup gitu lohhh….

kenyataannya??? tgl 27 agustus yg disebut dalam hoax tersebut mengacu pada kejadian oposisi Mars yg terjadi 3 tahun lalu (2003). Tahun 2003, Mars berada pada jarak terdekatnya pada tgl 27 AGustus dengan jarak 55.758.006 km, dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus. Pada tahun 2005, Mars berada dekat dengan bumi pada jarak 69 juta km tgl 30 Oktober, dan mengalami oposisi tanggal 7 November 2005.

Diameter Mars pada tahun 2003  25 detik busur sedangkan pada tahun 2005 diameternya sebesar 20 detik busur.

Tahun 2007, oposisi Mars akan terjadi tanggal 24 Desember pada jarak sekitar 88 juta km dengan diameter 16 detik busur.

so guys.. kalo nerima berita2 apapun sebaiknya kita melakukan cek n ricek sebelum disebarkan. Kita tahu masyarakat kita sering sekali nerima berita n langsung diteruskan ke org lain tanpa melakukan pengecekan akibatnya timbul kehebohan dan bahkan ketakutan terutama kalau sebuah berita kemudian dikait2kan dengan segala macam sebab akibat…

menuju tuan rumah Olimpiade Astro 2008

tahun 2008 indonesia dipercaya menjadi tuan rumah bagi ajang olimpiade astronomi. thn 2005 lalu Indonesia juga dipercaya menjadi tuan rumah bagi pertemuan astronomi asia pasifik… sebuah perhelatan ilmiah yang memberi ruang untuk bertukar informasi secara langsung dengan para ilmuwan, namun sebuah pertanyaan yang terus hadir dan menggaung dalam hati… sudahkah sains dan astronomi secara khusus menjadi perhatian masyarakat indonesia?? Continue reading

congratulations buat adek2 tim olimpiade biologi, kimia n matematika

wuah seneng banget kemaren pas baca2 di halaman web bpk penabur nemu berita kalo tim olimpiade biologi berhasil membawa pulang medali. Dan selain biologi  ternyata tim kimia juga berhasil wuahhh senengnya….n walaupun tim IMO SMA  gagal berangkat ke slovenia, tim IMO kecil alias yg sd yang diberangkatkan ke hongkong pulang dengan membawa medali juga. gak sia-sia seluruh kerja keras para peserta n para pembimbing…. Berita singkatnya dilampirin dibawah ini.

Olimpiade Biologi
Dalam Olimpiade Biologi Internasional ke-17 di Rio Cuarto, Cordoba, Argentina, pada 9-16 Juli 2006, delegasi Indonesia yang berhasil meraih medali antara lain Pratomo Andi WP (SMAN 1 Purwokerto) dan Stephanie Senna (SMAK Ipeka Bilingual Jakarta) meraih perak, Prayudi Utomo (SMAK BPK Penabur 1 Jakarta)dan Arif Widi Nugroho (Siswa SMAN 1 Probolinggo) meraih perunggu.

Olimpiade Kimia 
Tim Olimpiade Kimia berhasil membawa pulang 1 medali perak dan 3 medali perunggu, pada Olimpiade Kimia yg diselenggarakan di kampus Universitas Yeungnam, Korea Selatan. Medali perak diraih oleh Khabib Khumaini (SMAN 2 Lamongan), sementara medali perunggu diraih oleh William (SMA Sutomo 1 Medan), Hamdanil Rasyid (SMAN 8 Pekanbaru), dan Adhi Kurnianto (SMAK Penabur 1 Jakarta).

Olimpiade Matematika tingkat SD
Di balik gagalnya keberangkatan siswa SMA Indonesia ke Olimpiade Matematika Internasional di Slovenia, para siswa SD yang dikirim ke Hongkong untuk Kontes Matematika, 17-20 Juli, justru mengukir prestasi gemilang. Dalam kontes yang diikuti 191 siswa dari 16 negara tersebut, Indonesia meraih satu medali emas dan satu perunggu. Emas diraih oleh Jennifer Santoso (siswi SD Kristen Penabur Modern Land Tangerang). Adapun medali perak disumbangkan oleh Ivan Wangsa (SD Sang Timur Jakarta).

congrat yah buat anak2 TOFI….

selamat selamat…. I’m happy for all of you. yah walo rada ngeganjel soal model pelatihan olimpiade2 di Indonesia. but overall…. I wanna say.. congratulations buat seluruh tim olimpiade fisika indonesia... yang sudah meraih kemenangan di IPhO yang diadakan di Singapura. Thanks udah bawa pulang empat medali emas dan satu perak .. yang memberikan kebanggaan buat negara ini ditengah gonjang ganjing, kericuhan dan problematika yang dihadapinya. Continue reading